Rangkaian Pengusir Nyamuk Hemat Energi

Rabu, 03 Desember 20140 komentar

Rangkaian Pengusir Nyamuk mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda secara nyamuk adalah serangga yang sangat menjengkelkan.  Betapa tidak, kita akan dibuatnya tidak nyaman dan nyenyak tidur, belum lagi darah kita selalu dihisapnya sampai gatal dan bentol-bentol.  Wajar bila sebagian besar manusia seolah-olah menyatakan perang dan memerangi keberadaan nyamuk di sekitar kita.  Maklum nyamuk juga sering menjadi penyebar penyakit. Alat pengusir nyamuk pun akhirnya jadi piranti yang dibutuhkan.
Hampir semua jenis likuidator pengusir nyamuk memakai catu daya 5 Watt. Rangkaian Pengusir Nyamuk ini adalah aplikasi yang tidak banyak memakan energi ketika dioperasikan saat malam tiba. Meskipun rangkaian ini diaktifkan secara ON dan OFF dalam interval diskrit, tidak akan ada kerugian yang cukup besar dalam efektivitas, dan lebih-lebih malah akan ada penghematan energi yang besar. Dengan kata lain, rangkaian ini adalah Rangkaian Pengusir Nyamuk Hemat Energi.

Rangkaian Pengusir Nyamuk Hemat Energi sebenarnya hanyalah multivibrator astabil yang dirancang dengan  IC NE 555 (IC1) yang beroperasi pada frekuensi yang ditentukan oleh nilai-nilai R1 dan C2. Bila daya dinyalakan out put dari IC naik. Hal ini membuat Q1 bekerja dan relay menghubungkan pasokan listrik ke repeller/alat pengusir yang terpasang di soket. Setelah waktu yang ditetapkan output dari IC turun dan sekarang repeller akan dihapus/berhenti dari induk oleh relay. Siklus ini berulang dan penolak akan diaktifkan On dan OFF dalam interval yang sering, menghemat banyak daya. Dioda D2, D3 membentuk penyearah gelombang setengah dengan C1 sebagai filternya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger