Rangkaian Pewaktu Off CD Player Otomatis

Rabu, 03 Desember 20140 komentar

Banyak orang memiliki kebiasaan tidur sambil mendengarkan musik. Jadi, perangkat tetap aktif menyala untuk jangka waktu yang panjang yang menyebabkan pemborosan energi.Untuk menghindari hal ini, kami akan mengetengahkan sebuah rangkaian sederhana, yakni rangkaian timer yang secara otomatis menjadi OFF setelah waktu yang ditetapkan . Di rangkaian pewaktu off CD player otomatis ini, perangkat menjadi ON pada saat kegelapan terjadi, maka setiap kali Anda mematikan lampu , CD player terhubung ke relay menjadi ON dan setelah waktu yang ditetapkan maka menjadi OFF sehingga tidak perlu mematikan perangkat sebab sudah dimatikan secara otomatis sehingga tidak ada pemborosan listrik lagi.
Rangkaian Pewaktu Off CD Player Otomatis

Rangkaian ini dibangun oleh IC CD4060, LDR dan beberapa komponen lainnya . IC CD4060 adalah riak tahap 14 yang membawa kontra biner, pembagi dan osilator . Yang dibangun dalam osilator adalah fitur utama dari IC itu, maka dari itu dapat digunakan dalam banyak aplikasi seperti flasher , clock generator dalam rangkaian timer. LDR adalah resistor yang bergantung cahaya pada intensitas cahaya yang jatuh di atasnya.
Di sini , IC1 bekerja sebagai sirkuit pembagi frekuensi. Osilator didasarkan pada tiga inverter. Frekuensi dasar osilator internal ditentukan oleh nilai kapasitor terhubung ke pin 9, dan resistor terhubung ke pin 10. Dengan meningkatkan atau menurunkan nilai kapasitor dan resistor, kita dapat mengubah waktu tunda untuk periode dan mematikan.Secara internal, sinyal osilator diterapkan pada bistable pertama yang mendorong bistable kedua dan seterusnya. Karena setiap bistable membagi sinyal input oleh dua, total lima belas sinyal yang tersedia, masing-masing setengah frekuensi dari sebelumnya.

Gambar Skema Rangkaian Pewaktu Off CD Player Otomatis

Cara Kerja Rangkaian Pewaktu Off CD Player Otomatis

Rangkaian pewaktu off CD player otomatis ini sangat sederhana. Di sini, kita telah menggunakan LDR sebagai sensor yang terhubung ke basis transistor. Kami telah menghubungkan resistor variabel dengan LDR sehingga Anda dapat mengatur sensitivitas LDR. Selama siang hari LDR tidak akan bekerja sebagai akibat LED1 tetap mati dan menunjukkan IC1 yang tidak bekerja. Tapi dalam resistensi malam LDR meningkat dan transistor T1 didorong untuk memotong. Hal ini membuat transistor T2 juga bekerja. Pada saat ini pin 12 dari IC1 turun dan counter IC dimulai. Pada awalnya, LED mulai berkedip , menunjukkan bahwa osilasi IC dimulai . Setelah pin menit 5 ( Q5 ) dari IC1 naik sebagai akibat transistor T3 mulai bekerja dan perangkat yang terhubung ke relai menjadi ON.
Setelah waktu yang telah ditetapkan, dalam rangkaian pewaktu off CD player otomatis  ini 40 menit, pin15 ( Q10 ) naik dan sisanya menjadi rendah dan relay mengisi ulang energi sehingga perangkat yang terhubung menjadi off. Sebuah dioda dihubungkan antara pin 15 dan 11 karena ketika output P 15 naik,  ia mematikan IC sehingga perangkat tidak menyala/ON lagi sampai malam berikutnya.

sumber dr :dasarelektronika.com/
Share this article :

Posting Komentar

 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger