Cara membuat membuat ESR-meter sendiri

Sabtu, 28 Juni 20140 komentar

Mungkin diantara sobat2 masih ada yang belum mengerti tentang ESR meter itu apa,nah di sini akan saya jelaskan sedikit tentang esr-meter kepada sobat.
ESR (Equivalent Series Resistance) adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengukur nilai resistansi diantara kedua kaki kapasitor/elco,dan untuk mengetahui baik atau tidaknya sebuah kapasitor/elco.
mungkin ada yang bertanya bukankah yang terpenting dari kapasitor/elco adalah nilai kapasitas dan tegangan kerja? itu betul,tetapi ada parameter lain yang harus diperhatikan diantaranya adalah suhu dan nilai resistansi antara kedua kakinya.
sebab pada kenyataanya sebuah elco yang kita test dengan AVO/multitester menunjukkan kondisi bahwa elco tersebut baik,namun faktanya ketika elco tersebut dipasang pada sirkit ternyata kinerja rangkaian tidak maksimal,hal ini karena membesarnya nilai ESR pada kaki-kaki elco tersebut yg disebabkan lamanya pemakaian atau juga panas yang berlebih.
* elco yang bertegangan tinggi cenderung memiliki nilai ESR lebih besar daripada elco teg rendah
* elco yang berkapasitas kecil dibawah 1uf cenderung bernilai ESR lebih besar dari elco berkapasitas besar
* elco 105 derajat Celcius cenderung memiliki nilai ESR lebih besar daripada elco 85 derajat celcius.
 idealnya sebuah elco yang baik nilai ESR nya adalah nol ohm,tetapi karena beberapa faktor di atas bisa saja nilai ESR sebuah elco yang baik adalah 0,......sekian ohm.
  lalu apa kelebihan jika kita memiliki sebuah ESR? tentu saja banyak manfaat dari alat ini,diantaranya kita tidak perlu melepas elco dari PCB asalkan elco tidak dipasang paralel,jadi tidak banyak waktu yg terbuang,dan alat ini dapat mengukur kapasitor dengan nilai terkecil 4,7nf (472).Dan alat ini juga dapat digunakan untuk mengetahui short atau tidaknya sebuah flyback pada gulungan B+ dan Colektor,memeriksa trafo yoke dan trafo switching.
jadi kesimpulan nya bahwa ESR meter mutlak harus dimiliki oleh rekan2 tekhnisi.


                                                               skema ESR meter IC TL084CN


Sebenarnya banyak skema ESR dengan berbagai komponen yang murah dan terjangkau,diantaranya yang menggunakan IC TL084N,TL074CN,NE555,74HC04,TL062 dan 74HC14N namun disini saya buat yang menggunakan IC TL084CN.


                                                      Layout PCB ESR IC TL084CN
                                               



Gambar di atas adalah skema dan layout PCB nya,sobat bisa pakai layout diatas dan gampang di buat.
dan disini saya menggunaka PCB lubang,dan untuk meter penunjuknya saya gunakan VU meter kecil,dan box dari bekas multitester dan menggunakan batre 9volt.









Gambar yang paling bawah adalah saat pengetesan elco,dan menunjukkan bahwa elco itu sudah tidak baik atau membesar nilai ESR nya,jika elco masih baik maka jarum VU meter akan menunjuk maksimal kekanan.
nah demikianlah posting kali ini,dan saya berharap semoga bermanfaat bagi sesama rekan tekhnisi tuser,dan saya doakan semoga sobat2 berhasil dalam merakit ESR meter ini.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger