Kerusakan rangkaian Horizontal pada TV LG

Minggu, 22 Juni 20140 komentar

Kerusakan rangkaian Horizontal pada TV LG

     Kali ini menangani televisi LG dengan kondisi mati total service panggilan dari bp. nuryono alamat ploso.Pertama bongkar body casing-nya kemudian setelah itu di lakukan pengecekan ternyata TR Horizontal short / koslet sehingga semua tegangan output inverter drop.Lalu di mulai dengan pengangkatan TR horizontal dan mengecek kembali tegangannya dan ternyata normal.

Jangan langsung di ganti dengan tr horizontal yang baru pastikan dulu atau lakukan pengecekan pada komponen horizontal lainnya, untuk meminimalisir kerugian pada saat proses perbaikan karena akibat dari kecerobohan kita sendiri. Memang setelah pengecekan pada block Horizontal out ternyata ada capasitor yang yang agak gendut dan setelah diangkat ternyata memang sudah kering tidak ada nilai kapasitansinya.

Capasitor ini terletak pada Colector TR Hor dibypass ke ground yng diparalel denagan Dioda. Untuk LG slim 21" inch biasanya menggunakan 183j 2kv (18n 2kv) untuk yang pearl black 29" menggunakan 103j2kv (10n 2kv). Setelah penggantian capasitor tsb dan TR Hor yang baru mulai menghidupkan TV dan ternyata TV langsung OK.

Pernah juga menemukan TV LG pearl balck 29" kondisi gambar melebar dan sehingga OSD hanya keliahatan separo. Seperti biasa pengacekan masih pada bagian Horizontal. Awalnya mengira pada TR FET drive Horizontal wide yang rusak dan setelah diangkat dan diukur ternyata FET tsb masih bagus. Dan mulailah kelihatan bagian yang rusak ada elco 250v1uf yang yang sudah mulai gendut dan setelah diganti gambar masih tetap sama.

Dan mulai mencari lagi apanya yang rusak, dan sepertinya mulai ketemu penyakit yg sebenarnya setelah saya mendapatkan Capasitor 154J 600V kelihatan agak gemuk. Mulai mengangkat C tsb dan mengukurnya dengan tester x100K dan ternyata tester tidak bergerak sama sekali pertanda C sudah kering.

Mulai mengganti capasitor tsb, karena tidak punya C yang sama hanya yang ada 204J 250V akhirnya terpaksa diganti dgn yang ini. Mulailah dgn menghidupkan TV dan gambarpun sudah tidak melebar lagi kelihatan sudah normal hanya kurang lebar satu CM karena Capasitornya tidak sama.

Lalu masuk ke menu service dengan menekan MENU di panel 2 kali tahan lalu tekan MENU di remot dan menambahkan nilai HOR WIDE hingga kelebaran gambar sesuai dan dengan menekan OK di remot untuk menyimpan settingan lalu tekan AV untuk keluar. dan selesailah sudah pekerjaaan untuk service panggilan tv LG kali ini,...
Share this article :

Posting Komentar

 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger