Televisi lcd polytron type lm24b67 rusak gambar gelap suara normal

Kamis, 03 Mei 20180 komentar

Selamat datang di blog saya muliatronik.blogspot.co.id dan terimakasih sudah berkunjung , pada  pagi kali ini saya akan berbagi pengalaman .
Dibawah ini saya akan bercerita dalam memperbaiki televisi lcd merk polytron dengan type lm24b67 .

Televisi tersebut rusak dengan gejala pada saat di nyalakan / steker di tancapkan ke pln lampu indikator warna biru menyala kemudian muncul logo POLYTRON lalu layar jadi gelap tidak menampakan suatu gambar apapun baik itu berupa titik atau raster ,layar jadi gelap dan  hitam pekat tapi saya amati suara terdengar normal .
Dengan gejala semacam itu yang sudah saya jelaskan diatas maka langkah pertama yang saya lakukan adalah ambil senter laalu senter dinyalakan sambil diarahkan tepat di depan layar lcd tersebut dan saya lihat dilayar ternyata gambar bisa muncul (terlihat gambar siaran televisi yang tampak remang-remang).
"Dengan catatan tv dalam keadaan nyala tersambung dengan listrik pln"

Nah dari analisa tersebut maka dapat di simpulkan bahwa kerusakan timbul karena lampu backlight lcd nya padam. Lalu apakah lampu lcd nya rusak ataukah rangkaian inverternya rusak ? Saya blm tahu saat itu...

Kemudian saya bongkar casing / back cover nya dengan pelan dan hati2 setelah lepas langsung kelihatan semua dalemannya aduhaiii  :d :d ,, dengan mata lebar saya perhatikan dengan seksama dan penuh semangat betapa hati terasa senang pada saat me lihat di bagian power supply nya disitu ada 5 biji kaapasitor dengan nilai 1000uf/25v sedang tekdung alias hamil muda , tanpa lama2 deh langsung gak sabar aku ganti ke lima biji kapasitor tersebut dengan yang baru alhasil tv tampak nyala normal seperti sediakala ..alhamdulilah dapat pekerjaan yang mudah semoga tambah berkah usahaku ini dan yang menyimak ulasanku ini . Aamin

Semoga bisa membantu khususnya bagi pemula dan bagi yang sudah proff terima kasih sudah menyimak....salam muliatronik
Share this article :
 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger