tv digitec dm143031a rusak 1 garis horizontal dan gambar siaran kabur

Senin, 31 Oktober 20160 komentar

Hari rabu malam seorang tetangga datang ke rumah dengan membawa keluhan tv digitecnya yang rusak katanya tidak ada gambar tapi ada suaranya dan minta tolong agar segera di service di tempat. Stelah ke esokan harinya saya datengi kemudian langsung saja saya coba menyalakan tv nya terlebih dahulu èe ternyata ada satu gambar garis putih horizontal tapi suara terdengar dengan jellas ndak da masalah. Oke langsung aja ku bongkar kabinet / cover bagian belakang tv nya  dan segera mulai cek kondisi ic tda3653c dengan multitesterku alhasil ic tda3653c dalam keadaan tak bernyawa langsung ganti aja dengan yang baru ,tv langsung tak nyalakan hasilnya mak byaak gambar pak jokowi sedang blusukan tinjau warga yang sedang terkena musibah tanah longsor alhamdulilah seneng hati pekerjaan berhasil .Akan tetapi tidak cukup dgn ic vertikalnya saja tampaknya masih ada problem lagi yang muncul yaitu gambar pak jokowi kok gak bisa jelas ,wah msih belum selesai perjuanganku dlm benakku lalu coba saya lakukkan pencarian gelombang secara manual akan tetapi tidak mau menangkap siaran tuning jalan terus.

Data part tv digitec dm143031a =
·         Fck 14a006
·         Tda8305a
·         Hb-11-01
·         Tda3653c
·         Tda3565
·         An5265


Cara atasi gambar geser atau tuning jalan terus pada tv digitec dm143031a :
·         Posisikan pada siaran chanel tv di salah satu nomor program
·         Adjust / trim coil 38.9mhz sampai menemukan gambar yang sempurna
·         Stèlah dapat gambar yang bagus silakan di save
     

Kemudian langkah selanjutnya adalah melakukan manual searching (bila di manual msih blm bisa silakan di ulang proses di atas artinya proses adjust nya blm pas)

·         Jika manual searching berhasil dengan baik langsung saja lakukan auto searching


Setelah proses diatas selesai tv pun kembali dapat berfungsi sebagaimana dengan mestinya .

Alhamdulilah tv berhasil di perbaiki dan terima gajian.

Tapi keesokan harinya si pemilik dtang lagi kerumah saya dan bilang tv nya kembali rusak lagi ada satu garis di tengah layar .

Dateng lg kerumah beliau lngsung saja aku bongkar cek ic tda3653c dlm kondisi rusak pin output vertikalnya short ke ground. Sebelum saya ganti saya cek tegangan b+ teg ic vertikalnya dan alhasil tegangan yang masuk ke ic vertikal melampaui ketentuan yang berlaku yaitu 35 volt dan inilah yang menjadi penyebab ic vertikalnya jebol lagi. Kemudian minta ijin ke pada si pemilik untuk beli ic dan flyback dgn seri fck-14a006 ( Tegangan vertikal naik di karenakan output 24v dari FBT tidak normal lagi) stelah dpt part penggantinya segera saya ganti dgn yang baru lalu cek tegangan sdh normal semua dan live test seharian televisi pun gak ngadat lagi..

Pengalaman seorang teknisi bahwa terkadang lupa atau menyepelekan hal2 yang seHarusnya di lakukkan akan membuat kerugian tenaga dan waktu .
Share this article :

Posting Komentar

 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger