Memperbaiki TV TOSHIBA Dramatic V Mati Standby

Selasa, 07 Juli 20150 komentar


 TV Toshiba di samping ini bertype 1435XNE menggunakan IC kroma TA8808BN, IC program TMP47C634N-R577,IC vertikal TA8403,dan STR D4512 dengan kerusakan tv hidup dalam keadaan standby saja di sertai dengan bunyi denging lirih pada trafo SMPS nya,di pencet tombol PROG -/+ nggak berpengaruh sama sekali tak bergeming wkwkwk..........
                 Hasil diagnosis pertama sudah ketemu sumbernya yaitu R837= 82K yang terhubung dengan Q803=C2383 yang berfungsi untuk memberi tegangan pada pin H vcc Ic TA8808BN nya. Sampai di sini tv msih belum mau start,hanya suara dari trafo SMPSnya yang mulai agak kasar dengingannya,!!! Lalu saya coba ganti Ic regulator berkaki lima 78MR05 nya juga nggak ada efek sama sekali.
                 Akhirnya  perang gerilya pun di gelar lagi,saya putuskan untuk memeriksa semua R,D,ZD,dan transistor di area regulator dan output regulator,secara satu per satu step by step alias siji siji hehehehe......walhasil sampailah pada Transistor Q841=A1320 yang terukur ternyata keluar dari jalur semestinya,kaki kolektor transistor ini terhubung dengan pin 52=X-RAY dari Ic kroma setelah melewati R410=150K.

                  Akhirnya langsung tancap gas beli ke toko electronic terdekat,toko Sinar Baru Elektronik,Alhamdulillah di sini stock masih sak tumpuk hehee....langsung borong saja buat stock.
                   Sesampainya di tempat langsung pasang aja transistor dan siap di tes dan MaK BYAaAAK......SUKSES juga akhirnya,tv langsung hidup dengan normal,suara denging dari trafo SMPS juga langsung hilang,.nggak sia-sia deh perjuanganku!

Share this article :

Posting Komentar

 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger