Cara memperbaiki TV rusakWarna atau Hilang Salah Satu Warna

Selasa, 02 Juni 20150 komentar

Pada kali ini saya akan membahas tentang cara Memperbaiki kerusakan pada televisi / tv yang warnanya rusak atau warnanya hilang sebagian.kerusakan semacam ini biasanya di tandai dengan berubahnya warna tampilan pada layar televisi, bisa jadi warna menjadi kebiruan,kehijauan,kemerahan,dan sebagainya.

Dari tanda-tanda tersebut di sebabkan karena rusaknya salah satu warna atau tabung CRT tidak tersupply warna dari RGB kerusakan seperti ini sering terjadi misalkan hilangnya warna hijau,biru,merah sehingga tabung CRT tidak merespon warna dari RGB.Akan tetapi kerusakan jenis ini bisa saja dari faktor tabung CRT nya sudah rusak maka yang harus di lakukan adalah ganti tabung CRT tersebut.

Langkah pertama adalah lakukan penyolderan ulang pada papan RGB karena solderannya sudah pada retak ,kondisi ini biasanya  sering terjadi pada pesawat televisi / tv yang sudah TUA   .
Setelah saya solder ulang semua ,saya lakukan pengecekan di bagian papan RGB di situ saya menemukan titik kerusakan pada transistor bagian GREEN (katoda green) rusak / mati lalu saya ganti transistor tersebut dan saya coba nyalakan televisi tersebut kembali JReeng dan sudah kembali normal.
Share this article :
 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger