Memperbaiki TV Polytron yang mati total.

Kamis, 05 Juni 20140 komentar

Memperbaiki TV Polytron yang mati total.

Memperbaiki televisi merk Polytron yang mati total.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.
Pada kesempatan kali ini akan saya sampaikan sebuah pengalaman servis TV merk Polytron yang mati total menurut umum. Jika lampu indikator tak mau menyala dan layar juga tak hidup maka hal ini oleh orang-orang dikatakan mati total. Tetapi bagi seorang tehnisi atau tukang servis terlebih dahulu harus dilakukan pengukuran terhadap tegangan-tegangannya.

Seperti biasa setelah dibuka tutup belakangnya dan mesin televisi ditarik keluar dilakukan pengamatan secara fisik terhadap komponen-komponennya. Setelah dipastikan tidak ada yang gosong atau terbakar dibalikkan posisi PCB untuk mengecek titik-titik solderannya, dan ternyata masih dalam kondisi bagus.

Langkah selanjutnya ialah mencoba dihubungkan dengan tegangan jala-jala atau listrik PLN dan di start. Dengan hati-hati dilakukan pengukuran tegangan pada PCB. Dimulai pada tegangan AC masukan pada pangkal kabel. Tegangan 220 volt AC masih ada sampai ke pin travo ACmatic nya. Lalu posisi AVO meter diubah ke posisi DC 1000 volt untuk mengukur tegangan VCC pada kaki elco regulator. Tegangan terukur 300 volt DC.

Berikutnya dilakukan pengukuran komponen yang tentu saja hubungan ke listrik dilepas dan tak lupa membuang teganagan yang tersimpan pada elco.Switch AVO dipindah ke posisi ohm meter skala x1 lalu mengukur semua komponen terutama yang ada pada blok regulator.Semua dioda,resistor,transistor dan kondensator dilakukan pengukuran dan apabila yang dalam rangkaian hasilnya meragukan terpaksa dilepas terlebih dulu dan jika ternyata bagus dipasang kembali ke tempat semula secepatnya.Mengapa harus secepatnya ? Karena jika tidak langsung dipasang bisa-bisa hilang tersentuh tangan atau lupa meletakkannya.

Dari hasil pengukuran terhadap komponen ditemukan ada dioda pada jalur tegangan 12 volt dan transistor C945 short. Maka langkah berikutnya adalah mengganti kedua komponen tersebut karena persediaan sudah ada.Selesai menyolder,dikontrol lagi barangkali ada yang merembet ke bagian lain.Setelah semua dianggap oke,dilakukan percobaan.Kabel AC ditancapkan ke sumber tegangan saklar di On kan,dan....apa yang terjadi ? Suara pyak menandakan tabung aktif.Sinar biru memancar dari layar televisi yang artinya pesawat sudah hidup.Dicoba menancapkan ujung probe AVO meter dan ada siaran meskipun gambar kurang bagus.Ini artinya ada gambaran bahwa sudah oke, agar lebih yakin dipasang antena dan memang sudah normal.

Langkah berikutnya adalah mencabut kabel dari stop kontak,merapikan mesin TVatau PCB ke tempat semula dan percobaan dilakukan sekali lagi.Semua sudah oke, tinggal memasang tutup belakang dan tentunya tunggu uang jasa cair.He he hee..

Demikian postingan ini semoga ada manfaatnya bagi pengunjung sekalian meskipun gejala yang sama belum tentu sama sumber kerusakannya dan lain juga penyelesaiannya.. Amiin
Share this article :

Posting Komentar

 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger