CARA MERAKIT ATAU MENGGANTI MESIN TV

Senin, 19 Mei 20140 komentar



Hari kemarin mendapat pesanan dari teman karibku ust.Hendra dari ds.jojo untuk merakit tv 14", yang kebetulan di rumah punya tv Toshiba rusak mesinnya karena kena serangan petir dan kerusakannya sangat parah tapi kondisi tabung CRT masih sangat bagus.

Dengan kondisi seperti itu maka saya mengganti mesinnya dengan mesin tv cina baru yang banyak di jual dipasaran.
Mengganti/memasang mesin tv dengan mesin tv cina mungkin dilakukan oleh para teknisi sebagai alternatif memperbaiki tv yang sparepartnya susah dicari atau harganya yang mungkin relatif mahal, atau mungkin alasannya seperti yang saya alami tersebut.

Ok... sekarang kita lanjut pada pembahasan memasang/merakit tv-nya.

www.ndenservis.com

Yang pertama saya lakukan adalah membongkar tv-nya serta melepaskan Tabung CRT dan bersihkan dari debu. Lepaskan Speaker dll dari chasing tv tersebut, dan selanjutnya adalah mencuci chasing tv dengan air detergen/sabun sampai bersih, kemudian menjemurnya sampai kering.

Sambil menunggu proses pengeringan, ambil mesin tv yang baru dan lepaskan dari chasisnya sampai mesin dan chasisnya terpisah, kemudian lepaskan atau copot beberapa komponen yang relatif cepat mengalami kerusakan dan ganti komponen tersebut dengan komponen yang kualitasnya bagus supaya tv tidak cepat mengalami kerusakan. Setelah penggantian selesai, solder ulang bagian yang panas sepertibagian Horizontal dan Vertikal atau lebih baik solder ulang semua komponen, karena solderan bawaan dari mesin tv cina tersebut kualitasnya kurang bagus tapi saya tidak bilang jelek lho yah...

Setelah proses diatas selesai, ambil chasing tv yang sudah bersih dan kering. Langkah selanjutnya adalah memasang switch on/off, sensor remot, panel tv, input/output untuk vcd/dvd, kabel penyambung tuner dengan jek antena, dan chasis mesin tv pasang semua sampai letaknya presisi. Gunakan baud/sekrup dan lem bakar untuk membantu merekatkannya.

http://www.ndenservis.com/2013/06/cara-merakit-tv-dengan-mesin-cina.html

Langkah diatas sudah selesai, selanjutnya pasangkan tabung CRT dan speaker serta  mesin tv baru.
Masukan/Pasangkan kop Flayback ke CRT, pasang kabel sensor remot, kabel panel, kabel tuner, kabel untuk dvd/vcd, kabel speaker dan soket yoke CRT (awas jangan sampai terbalik kabel Horizontal dengan Vertikal karena bisa menyebabkan kerusakan pada ic vertikal), serta pasangkan blok matrik RGB ke tabung CRT, jangan lupa pasang kabel Groung CRT. Selanjutnya kita coba jalankan tv-nya setel pengaturan screen dan  fokus pada flayback, setting parameter tv seperti untuk pengaturan merk, warna RGB, V-size dan lain-lain (lihat buku panduannya).
Langkah terakhir bereskan/rapihkan kabel-kabelnya dengan memakai pengikat , dan tutup chasingnya.

Nah, mungkin itulah sedikit kesimpulan dari Cara Merakit TV menggunakan mesin tv cina baru, karena mungkin untuk para teknisi sudah sangat memahaminya. Saya tidak menyarankan bagi yang bukan ahlinya karena bisa menyebabkan kerusakan atau mungkin berbahaya bagi keselamatan anda.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger