CARA MEMASANG POWER SUPPLY UNIVERSAL

Senin, 19 Mei 20140 komentar


CARA MEMASANG POWER SUPPLY UNIVERSAL

Power Supply  adalah rangkaian utama dalam setiap perangkat elektronika, karna tanpa  Power Supply  perangkat elektronika tidak akan nyala / ON sama sekali. Kerusakan bagian PSU ini harus ditangani secara serius dan hati - hati, karna jika tidak maka PSU tidak akan bekerja dengan baik dan sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan maka akan berakibat fatal, karna komponen atau sirkukit yang lainnya akan menjadi lemah dan rusah disebabkan tegangan lebih atau juga karna kurangnya asupan tegangan dan arus.

Ada kalanya kerusakan tidak begitu parah sehingga dengan mengganti transistor regulator nya saja sudah bisa pulih kembali, tapi ada kalanya kerusakan yang butuh ketelitian untuk mendeteksi alat yang rusak sehingga membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam memperbaikinya, jika sudah demikian itu maka saya tidak akan pusing -pusing dan tidak akan membuang -buang waktu untuk berkutik di PSU tsb. Ingat "waktu adalah uang" jadi harus kita hargai benar waktu itu!!! Saya segera putuskan untuk mengganti PSU tersebut dengan kit PSU yang sudah jadi, yang banyak dijuala ditoko dan harganya pun murah cuma Rp 22.500,00.

Yang saya biasanya gunakan adalah New Generation Of Semi-Closed Switching Power Supply Module atau lain merek cuma masih sejenis yakni yang menggunakan 3 kabel. Mengapa saya pilih modul ini? karna, selain rangkaiannya yang sederhana dan memiliki perlindungan tegangan/arus lebih dan arus pendek (short circuit), tetapi juga mudah dalam memasangnya dan cepat, modul ini bekerja lebih stabil dan dapat diandalkan.
Modul ini cocok untuk memperbaiki dan mengganti swictching regulator power supply TV dari 14-34 Inc , juga cocok untuk monitor komputer, VCD, DVD, DVB, dan lain -lain.

CARA PEMASANGAN MODUL

  • Bongkar transistor swiching yang asli dari PCB PSU yang rusak
  • Solder-kan kabel merah modul pada bekas kaki Colektor
  • Solder-kan kabel hitam modul pada bekas kaki Emitor (Gnd Utama)
  • Putuskan beban output (Pada TV bagian horizontal). Nyalakan PSU dan ukur tegangan ouput, jika belum didapat tegangan yang dibutuhkan maka trimlah pada tripot nya yang ada pada modulMisalnya untuk TV tegangan horizontalnya 90V,110V,115V atau sesuai kebutuhan. Untuk VCD/DVD/DVB ukurlah tegangan 3V,5V, dan 8V


Cara menghubungkan kabel biru modul sebagai berikut:

  •  Putuskan atau bogkar komponen yang berhubungan dengan Optocoupler bagian output.
  •  Solderkan kabel biru modul pada kaki Optocoupler

Jika ada nois setelah pemasangan perangkat, mungkin ada komponen lainnya terputus terutama pada kaki kolektor “C” switching transistor dan rangkaian penyerap nois yaitu, R1 (22 ohm - 47 ohm/3W - 5W) dan (470pf - 1000pf/1KV-2KV)
Share this article :
 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger