Cara Membuat rangkaian Kontrol pompa Air Otomatis

Senin, 19 Mei 20143komentar


Cara Membuat rangkaian Kontrol pompa Air Otomatis

Cara Membuat rangkaian Kontrol pompa Air Otomatis  – Skema rangkaian kontrol ketinggian air automatis berperan untuk mengatur sistem pengisian air di bak penampungan (tandon) dngn cara mendeteksi level air di posisi saat sebelum penuh & posisi saat sebelum habis. Skema rangkaian kontrol ketinggian air automatis tersebut bakal mengontrol mesin pompa air untuk hidup di waktu air saat sebelum habis & bakal mematikan mesin pompa air di waktu bak air penuh.
Skema rangkaian kontrol ketinggian air automatis tersebut di buat dngn skema rangkaian gerbang logika dasar & transistor dengan tipe saklar untuk menggerakan relay yg sederhana. Skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat skema rangkaian kontrol ketinggian air automatis tersebut bisa disimak pada gambar dibawah ini.
Skema rangkaian Kontrol Ketinggian Air Otomatis
Skema rangkaian kontrol ketinggian air automatis yang ditunjukan pada gambar di atas di buat dngn gerbang logika dasar type CMOS & bekerja di tegangan/voltage kerja + 12 volt DC. Rangkian kontrol ketinggian air yang ditunjukan pada gambar di atas membaca level air pad bak penampungan air memakai sensor berbentuk plat logam yg diletakan di bak air. Ada 2 sensor ketinggian air yg dipasang di bak air itu, yakni sensor level air posisi penuh yg berperan untuk mendeteksi level ketinggian air maksimum di bak penampungan air. & sensor level air posisi habis yg berperan untuk mendeteksi posisi air minimal yg diijinkan.
Sensor level air penuh diletakan pada posisi atas bak penampungan air & sensor level air minimum dilektakan pada posisi minimum. Lalu air bak penamungan itu dihubungkan ke ground dngn menempatkan plat sampai dasar penampungan supaya sensor level air bisa bekerja. Skema rangkaian kontrol ketinggian air automatis tersebut memakai interface antar skema rangkaian kontol dngn pompa air memakai relay 12 volt yg digerakan oleh transistor dengan tipe BC 338. Skema rangkaian kontrol ketinggian air automatis yang ditunjukan pada gambar di atas memakai gerbang logika dasar NOR CMOS IC CD4004.
Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih
Share this article :

+ komentar + 3 komentar

inovasinya menarik untuk dicoba. terimakasih

14 Januari 2016 02.34

itu yg bener 4001 atau 4004??

14 Januari 2016 02.34

itu yg bener 4001 atau 4004??

Posting Komentar

 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger