Komponen elektronika dasar resistor

Kamis, 25 Januari 20180 komentar

Mengetahui dan memahami Dasar-dasar elektronika termasuk Komponen Elektronika adalah suatu hal mendasar yang wajib anda ketahui apabila anda ingin menjadi seorang tuser atau teknisi elektronika. Contohnya Resistor,Kondensator,Transistor dan masih banyak yang lainnya..Oleh karrena itu Anda perlu memahami kegunaan dan jenisnya.
…Postingan kali ini saya akan berbagi informasi khusus tentang Komponen Elektronika yang bernama RESISTOR

 Langsung saja berikut ini jenis-jenis resistor selengkapnya:




1.Carbon Resistor.Resistor jenis ini biasanya memiliki toleransi 5% atau 10%,ada 3 buah garis warna dan warna keempat menunnjukkan nilai toleransi yang ditandai dengan warna emas dan perak.

2.Metal Film Resistor.Resistor jenis ini memiliki toleransi 1%,ada 4 garis warna dan warna kelima menunjukkan nilai toleransi atau berwarna coklat.

3.Resistor Kawat atau Spiral.Resistor jenis ini biasanya memiliki nilai dibawah 1 ohm misalnya 0,5 ohm,0,47 ohm,0,33 ohm,0,22 ohm atau nilai-nilai lainnya.Resistor jenis ini memiliki ukuran daya diatas 2 watt  umumnya yang banyak dipakai ukuran 5 watt.

4.Resistor NTC & Resistor PTC.Resistor jenis ini biasa dikenal dengan istilah Termistor.Nilai resistor jenis ini tergantung suhu  disekitarnya.Nilai resistansi resistor NTC (Negative Temperature Coefficient) akan turun jika suhu disekitarnya Naik sedangkan Resisitor PTC (Positive Temperature Coefficient) resistansinya naik kalau suhunya naik.

5.Resistor LDR (Light Diode Resistor) yaitu resistor yang Peka Cahaya, Resistor jenis ini Nilainya tergantung intensitas cahaya,resistansinya sangat tinggi dalam gelap(Kira-kira 10 M ohm).Pemanfaatannya biasanya untuk rangakaian Lampu taman atau lampu jalan yg bisa nyala otomatis jika malam tiba

Demikian informasi tentang dasar Komponen Elektronika,  semoga bisa menambah pengetahuan anda khususnya Komponen elektronika.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger