Tv Sharp mati akibat proteksi protek

Minggu, 18 Januari 20150 komentar

Tv Sharp ALEXANDER dengan type 14GX20 punya kendala mati protek, sebelumnya televisi pernah di service di tempat lain dan banyak bekas solderan yang acak acak an kemudian pertama yang saya lalukan adalah  resolder ulang ,Setelah selesaikan semua solderan yang memang sudah di kerjakan lebih dulu oleh montir tv sebelumnya, coba tes tegangan B+ dan keluar 115vdc hingga pada titik kolektor juga, lalu cek di titik basis tr.h out ada sekitar 1,5vac walau hanya sesaat tapi sempat terlihat karena memang kondisi tv mati protek apalagi tr.h out di lepas yaa..seperti itulah keadaanya. Pemeriksaan awal tadi menunjukan bahwa mesin masih sehat hanya saja yang mengherankan transistor yang di pasang oleh montir terdahulu bisa short lagi..? itu sebabnya beliau gagal servis, ada kemungkinan bengkel tersebut agak segan dengan kerusakan Tv Sharp...he..he..itu cuma dugaan saja, karena memang Tv Sharp dari tahun satu sampai abad Millenium ini banyak memakai sistem protek pada tiap-tiap bloknya sehingga menyulitkan para bengkel termasuk saya tentunya, tapi untung garapan kali ini si Alexander Junior.. Baiklah tidak berpanjang lebar ahlul bait di ganti dengan tr. D2499 dulu agar bisa bertahan sedikit dari pengaruh part yang short (nantinya di tukar ke TT2140 lagi) dan coba nyalakan tv sambil tes tegangan pada titik B+, tampak ada 115vdc tapi tidak turun karena blok regulator ini tidak di lengkapi dengan ic optocouple dan langsung standby (lampu led nyala) namun saat tombol ch+ di tekan untuk start ,tegangan naik sebentar jadi 118v lalu turun sekitar 80v kemudian naik lagi ke 115v. Kesimpulkan mesin ini bisa start tapi karena ada part yang mungkin setengah short maka saat on tampak seperti tidak ada reaksi sama sekali.
Melihat kenyataan seperti itu, dan juga pernah diganti tr.h outnya tapi tidak berhasil bahkan kembali rusak maka biasanya diperkirakan ada 2 part yang mengalami gangguan yaitu Yoke Defleksi atau Flyback Transformer (FBT), maka saya ambil yang termudah dulu yaitu memeriksa yoke, ternyata...benar saja part tersebut sudah hangus akibat lem kualitas rendah yang memyebabkan korosi pada gulungan kawat email yoke, lem di rekatkan pada 2 kutub gulungan yang sengaja dipisahkan dengan gap (celah) jadi jaraknya sekitar 1mm saja tentunya ke 2 gulungan tersebut jadi terbakar semua...

Akhirnya di bongkar juga yokenya karena berhubung pemilik tv hanya ada persiapan uang untuk jasa servis tv saja, kawat email gulungan bawah terkelupas lapisan laknya dan tampak menghitam jadi bisa di kerik untuk membuang kotoran serta bisa di bersihkan dengan thinner sedangkan gulungan atas yang sedikit parah sampai ada 3 lilitan kawat email yang putus, gulungan kawat bawah yang sudah terkelupas bisa di lapisi ulang dengan power glue atau sejenisnya asalkan lem itu kondisinya sangat baik cair seperti air jadi ketika di teteskan maka akan langsung meresap pula sampai pada kawat email yang lain dan minimal 2 atau 3x melapisi kawat email agar tebal seperti lapisan lak aslinya sedangkan gulungan atas, kawat email yang putus harus disambung dengan kabel biasa dan pastinya juga di beri lem pula karena bernasib sama yaitu terkelupas...
Setelah lem kering dan sudah tidak ada yang induksi lagi antar lilitan kawat email dan antar ke 2 gulungan atas-bawah, sekarang waktunya ujicoba yoke yang di servis tadi karena peluangnya 50 : 50 dan sekaligus tes mesin tv yang mati protek...jreng..jreng..tv bisa start dan terlihat lampu heater nyala sebentar kemudian muncul raster lalu layar menjad Blueback, langsung tancap antena...eeeh gambar dan suara muncul berbarengan..Alhamdulillah...rampung juga gawean tv iki.
Tes 15 menit tidak ada tanda apa-apa dari yoke atau yang lainnya...Tidak lupa mengganti tr. dengan nomor aslinya kemudian tes ulang sampai 2 jam lebih situasi aman terkendali, berarti servis yoke sukses besar !! sambil itu tak catat type part untuk data manual servis seperti :

    Ic regulator STR W5453A
    Transistor h out TT214
    FBT BSC 25-02167
    Ic Vertikal LA78040B
    IC SUARA LA42031
    IC MEMORY 24C08WP
    IC PROGRAM IXC 245WJN50
    YOKE
    kertas terjepit ferit gulungan, lain waktu bisa di lengkapi.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger