Pemkab Kudus Siap Menyambut Pemudik

Sabtu, 19 Juli 20140 komentar




Mudik. Itulah satu kata yang akrab di telinga kita setiap tahun. Tepatnya ketika menjelang perayaan Idul Fitri atau juga sering disebut lebaran. Ini merupakan tradisi pulangnya masyarakat dari tempat perantauan bekerja di kota besar ke kampung halaman. Pada hari spesial ini mereka berkumpul dan bersilaturahmi dengan sanak famili selama liburan lebaran.

Untuk mempersiapkan momen penting bagi masyarakat yang hanya sekali dalam setahun ini, Pemkab Kudus memberikan perhatian khusus terhadap hal ini. Sebagaimana yang disampaikan oleh Bupati Kudus H. Musthofa ketika berdialog interaktif di Suara Kudus 88 FM Jumat (18/7) pagi. Bupati didampingi oleh Kepala Dishubkominfo, Kepala Dinas BMPESDM, Kepala Dinas Cipkataru, Kepala Dinas Dagpasar, serta Kabag Humas.

Pada kesempatan itu, bupati menyampaikan bahwa Pemkab Kudus telah siap menyambut pemudik. Melalui dinas terkait semua persiapan dilakukan secara optimal. Di antaranya kesiapan mengenai kondisi jalan dan pengaturan lalu lintas, serta armada (bus) yang akan digunakan untuk mengangkut pemudik. Semuanya dalam kondisi layak pakai, sebagaimana hasil pengecekan beberapa waktu lalu terhadap kondisi bus.
”Bus yang sudah layak jalan, ditempeli stiker yang meunjukkan bahwa bus tersebut layak jalan. Ini untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat,” kata Bupati Kudus pagi itu.

Termasuk persiapan untuk mengatasi lonjakan jumlah pemudik yang rata-rata naik 5% tahun ini, petugas dari dishubkominfo yang bekerja sama dengan kepolisian dan instansi terkait lainnya juga telah disiagakan. Sedangkan bagi truk selain pengangkut BBM dan kebutuhan pokok, disediakan kantung parkir di terminal cargo dan Klaling, karena pada H-4 lebaran dilarang beroperasi.

Pada bidang kebersihan, masyarakat tetap diimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan. Meski demikian, tenaga kebersihan akan dikerahkan menjelang, pada saat, dan setelah pelaksanaan solat idul fitri. Khususnya di kawasan simpang tujuh, dan beberapa jalan protokol di Kudus. Sehingga masyarakat yang akan melakukan silaturahmi atau sekadar liburan akan terasa nyaman di Kudus yang bersih.
”Bagi pemudik yang datang ke Kudus, bersiaplah untuk melihat Kudus masa kini. Kudus yang bersih dan tertata rapi,” tambahnya.

Selain itu, bupati juga menyampaikan bahwa pihaknya melalui dinas perdagangan dan pengelolaan pasar, telah melakukan operasi pasar terhadap makanan dan minuman (mamin) yang dijual. Target operasi ini adalah mamin yang kedaluarsa dan tidak layak konsumsi. Jika ditemukan, pihaknya menarik dari peredaran dan memusnahkan. Sehingga ada jaminan bagi masyarakat terhadap mamin yang dikonsumsi masyarakat.

Di akhir acara ini, bupati berpesan kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam berlalu lintas. Jika kondisi lelah dan mengantuk, dipersilakan untuk beristirahat di posko-posko yang telah disediakan. Posko tersebut dilengkapi dengan keamanan dan tenaga medis yang telah dipersiapkan, lengkap dengan ruang untuk bersitirahat. Selamat berlebaran! 

Sumber:http://www.infoseputarkudus.com/
Share this article :

Posting Komentar

 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger