CACAT VERTIKAL PADA LAYAR TV

Rabu, 23 Juli 20147komentar

Rangkaian bagian vertical pada tv berguna untuk membengkokkan/menarik gambar pada layar Tv ke atas dan ke bawah. Tidak bekerja atau kurang sempurna nya rangkaian bagian vertical mengakibatkan kurang sempurna atau cacatnya tampilan pada layar tv. Kerusakan-kerusakan bagian ini yang pernah aku alami:


I.  LAYAR TV SEGARIS HORISONTAL

Hal ini disebabkan tidak bekerja-nya rangkaian bagian vertical sehingga defleksi vertical tidak membengkokkan/menarik gambar ke atas dan ke bawah dan menyebabkan tampilan hanya segaris horizontal. Hal itu disebabkan oleh bermacam-macam sebab antara lain:

    Yang paling sering adalah retak-nya timah solderan pada kaki-kaki ic vertical. Hal ini disebabkan Ic Vertical menghasilkan panas yang lumayan sangat panas sekali, sehingga menyebabkan longgar/retaknya timah solderan.  Solder ulang kaki-kaki ic vertical dan semua bagian bagian yang rentan terhadap keretakan terutama komponen komponen yang menghasilkan panas yang berlebih.
    Tidak ada catu daya ke ic vertical, Mungkin karena dioda rusak karena bocor maupun putus, mungkin karena resistor putus maupun melar. Cek dan ganti apabila tegangan catu daya Ic Vertical belum ada karena rusaknya  komponen-komponen tersebut.
    RUSAKNYA IC VERTICAL. Jika kerusakan bukan karena dua hal di atas kemungkinan lain adalah rusak/mati Ic Verticalnya. Ganti Ic Vertical dengan Ic yang tipenya sama. Rusaknya Ic Vertical selain menyebabkan tampilan segaris horizontal kadang juga tampilan di layar putih belang-belang pelangi, kadang tidak tampil di layar bahkan dalam beberapa kasus Rusaknya Ic Vertical menyebabkan mati total
    Tidak masuknya tegangan osilator vertical. Hal ini mungkin disebabkan melar/putusnya resistor dari Ic crhoma ke ic vertical. Cek dan ganti apabila komponen tersebut rusak.
    Rusaknya condensator ceramic kecil mungkin putus atau bocor.
    Rusaknya ic crhoma. Kemungkinan lainnya lagi yang menyebabkan layar tv hanya segaris horizontal adalah rusaknya Ic Crhoma yang menjadi osilator veical.


Di atas adalah kerusakan-kerusakan yang pernah Aku alami dari cacat vertical yang menyebabkan TAMPILAN DI LAYAR TV SEGARIS HORISONTAL DI TENGAH-TENGAH.


II.   LAYAR TV BAGIAN ATAS BERGARI-GARIS PUTIH

Hal ini disebabkan kurang sempurna nya kinerja rangkaian bagian Vertical yang menyebabkan kurang sempurnanya tampilan gambar. Penyebabnya adalah rusaknya komponen-komponen pendukung Ic Vertical antara lain:

    Rusak/ausnya elco-elconya. Hal ini terjadi karena Ic Vertical sangat panas sehingga elco-elco didekat Ic/pendingin Ic vertical menjadi kering cairan elektrolit-nya. Ganti elco-elco di dekat Ic/pendingin Ic Vertical dengan yang bagus/baru.
    Putus/melarnya resistor yang berhubungan dengan bagian Vertical. Ganti jika memang rusak putus maupun melar.


Itulah yang ku ketahui kerusakan Tv cacat vertical Yang menyebabkan tampilan pada Tv LAYAR TV BAGIAN ATAS BERGARIS-GARIS PUTIH.


III.    GAMBAR DI LAYAR MELIPAT ATAS/BAWAH

Hal ini sering terjadi karena tidak sempurnaya tegangan pada bagian Vertical. Ganti elco-elco bagian vertical.

    VI.  TAMPILAN LAYAR KURANG LEBAR KE ATAS DAN KE BAWAH

Penyebab-penyebabnya adalah:

    Rusaknya elco-elconya. Ganti dengan Elco baru
    Melarya resistor 1ohm atau resistor 0,sekian ohm. Ganti dengan resistor yang sesuai sehingga lebarnya pas tidak terlalu sempit maupun terlalu lebar.
    Kurang lebarnya pengaturan Vertical size. Masuk ke servis mode atur vertical size.


Itulah kerusakan-kerusakan bagian Vertical yang Aku ketahui dari pengalaman servis yang pernah Aku alami yang menyebabkan CACAT VERTICAL PADA LAYAR TV.
Share this article :

+ komentar + 7 komentar

9 April 2016 00.01

Artikelnya bagus om sangat membantu sekali.. mohon pencerahannya di www.masterelektro.com

28 Juni 2016 21.12

Sangat membantu sekali...artikel yg menarik
Mungkin bisa disempurnakan dengan tambahan gambar.

24 Juli 2016 19.19

mantap biar tambah ilmu..

14 Agustus 2016 22.21

trimakasi gan artikel nya sangat membantu

20 Agustus 2016 12.03

Terima ksih bnget udh bagi" artikel dan ulasannya sngat berharga utk yg lain, semoga + berkah dan + rejeki utk yg mau berbagi. Klu bsa d + i gbr utk setiap ulasannya mas biar lbh bgus, slm knal dr kaltim mas.

7 September 2016 00.06

nice tips bang, silahkan juga kunjungi http://hiperelektro.blogspot.co.id/

17 Februari 2017 16.53

Artikelnya sangat membantu bagi pemula yang baru belajar komponen elektronika, tentunya ini jadi referensi buat saya. terimakasih banyak,, salam kenal

Toko Elektronik Terlengkap

Jual Arduino Murah

Jual IC, Transistor, IGBT,
Distributor Komponen Elektronika Murah
Toko Elektronik Online Murah Jakarta
Jual Komponen Elektronika Tangerang

Posting Komentar

 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger