Mengganti def-yoke dengan tipe lain.

Rabu, 11 Desember 20130 komentar


Dipabrik def-yoke sudah merupakan pasangan tetap yang distel (istilah teknisnya di tune) dengan tepat dengan tabung gambar. Def-yoke dan kapasitor resonan sudah dikalkulasi dengan tepat pada sirkit horisontal-out. Merubah nilai impedansi def-yoke atau nilai kapasitor tentu ada efeknya. Jika ingin mencoba mengganti dengan tipe lain usahakan nilai resistansi (ohm) kumparan def-yoke yang sama atau hampir sama. Terutama untuk bagian horisontal yang cukup kritis. Melepas def-yoke jangan sampai merusak posisi adjustment magnet konvergen yang ada dibelakang def-yoke.
Mengganti def yoke dengan tipe lain, kemungkinan dapat mengakibatkan :
  1. JIka beruntung lebar dan ketinggian raster bisa sama. Tetapi kalau diamatai - gambar pada bagian punggir kiri-kanan dan atas bawah layar RGBnya tidak konvergen dan tidak dapat diadjust. Garis putih pecah (split) menjadi tiga buah garis RGB. Tulisan teks yang berwarna putih ada warna lain dan terkesan tidak fokus.
  2. Purity problem. Raster menjadi belang dan tidak dapat diadjust.
  3. Lebar vertikal umumnya tidak masalah karena dapat diadjust.
  4. Def-yoke teve lama dimana Vcc bagiann vertikal-out menggunakan tegangan 100v akan sulit untuk diadjust jika digunakan untuk teve model baru dengan tegangan Vcc 27v
  5. Raster kiri-kanan menjadi lebar. Biasanya akan menyebabkan pula tegangan keluaran flyback  naik. Lebar dapat dikoreksi dengan memasang tranfo yoke WANSONIC.
  6. Raster kiri-kanan menyempit. Dapat dikoreksi dengan mengganti nilai kapasitor resonant 1600v dengan  nilai yang lebih besar. Atau dapat digunakan trafo yoke WANSONIC. Biasanya akan mengakibatkan tegangan keluaran flyback akan drops, sehingga ada resikonya gambar menjadi agak redup.
  7. Mengganti deflektion-yoke dengan ohm yang jauh lebih kecil sangat riskan. Menyebabkan tegangan flyback naik yang dapat mengakibatkan – api meloncat dari kop anode, transistor HOT rusak, flyback cepat rusak,  kemungkinan merusakan tabung gambar dalam jangka waktu tertentu, atau memicu protektor bekerja.

###############################
Pengalaman pahit
Suatu saat kami pernah mengganti def yoke  dengan tipe lain yang mengakibatkan raster melebar kiri-kanan. Agar raster menyempit maka kapasitor resonat 1600v pada kolektor transistor HOT kami coba kecilkan nilainya menjadi hampir separuhnya. Kami waktu sudah menyadari kalau  tegangan flyback pasti menjadi naik. hal ini dapat terdengar dari suara kretek-kretek pada kop tegangan tinggi saat teve dihidupkan. Gambar memang menjadi sangat bagus dan terang. Perkiraan kami nanti yang tidak tahan lama adalah flybacknya. Ternyata setelah dipakai kurang dari satu bulan, tabung gambar menjadi rusak gelap, dan ada suara ngecessss…. saat dihidupkan.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger