Catatan service muliatronik

Sabtu, 02 November 20131komentar

MULIATRONIK SERVICE CENTER

Selamat datang di muliatronik ini adalah blog elektronik pertama saya,pada awalnya saya memang suka ngeblog akhirnya muncul lah blog saya ini dengan nama muliatronik dan kenapa saya pake nama muliatronik karena saya suka dengan tersebut.Tujuan saya membuat blog muliatronik ini saya gunakan untuk mencari ilmu sekaligus berbagi ilmu kepada sesama para pecinta dunia elektronik khususnya pada pertelevisian hehe,...!
Berikut beberapa pengalaman saya saat memperbaiki televisi telah saya postingkan di bawah ini..

1. perbaikan di rumah pak kari tv mitoshiba nya rusak .
type : lupa
gejala: tv mati total
penyebab: elco 220uf/160v mau melahirkan /mengembung
solusi: ganti elco 220uf/160v tv lngsung nyala
-alhamdulilah ntok duet ,garapan gampang mk nyuuus

2. nimbal ke tetangganya pak kari tv sharp nya rusak .
type : lupa
gejala: pada saaat on pertama suara lngsung keras menggelegar
penyebab: stelah di bongkar dan di cek banyak solderan yg udah retak.
solusi: resolder ulang
-alhamdulilah ntok tambahan duet meneh-

3. hari selasa dpt panggilan ke rumah pak sayuti tv LG 14" nya rusak.
type : lupa catat
gejala: tv di nyalakan gambar normal suara tidak terdengar
penyebab: langsung aku cek speaker nya aku lihat jarum multi ku tdk mau jalan.
solusi: ganti speaker dengan yang baru.

4. perbaikan tv thosiba 29" di rumahe pak gembeng.
type : lupa catat lagi
gejala: tv tdak mau nangkap siaran pd saat auto search
penyebab: stelah di bongkar dan di cek banyak solderan yg udah retak.
solusi: resolder ulang


5. panggilan lagi di rumah kang supono tv polytron.
type : lupa
gejala: tv mati lampu led nyala stanby saat tmbol pwr di remot di tekan lampu mati tv tdk mau on.
penyebab: elco 47uf/63v rusak fisik kembung.
solusi: ganti elco 47uf/63v dengan yang baru tv langsung tok cerrr

6. perbaikan di tempat tv digitec suga.
type : lupa
gejala: tv mati total.
penyebab: dalam pengecekan ada beberapa komponen di daerah regulator yg rusak.
solusi: ganti komponen yg rusak D1885,R33K OHM,C33nf/630v,dioda in5408 4x ,c220uf/160v,r120k ohm 2x .
'alhamdulilah tv nyala lagi.

7. perbaikan di tempat tv LG FLATRON.oictmsa003f / lv1116n / la78040 / str6753
type : lupa
gejala: pertama on tv nyala normal setelah bberapa menit suara jadi kemresek keras volume di nol kan kemudian di naikkan suara jd hilang.
penyebab: ic tone control lv1116n rusak.
solusi: ganti ic lv1116n dengan yang baru .

8. perbaikan di tempat tv goldstar 17"
type : lupa
gejala: manual dan auto search jalan terus tidak ada suara/volume tdk bisa di kontrol.
penyebab: Q06 =c3198 short .
solusi: ganti Q06 =c3198 dengan yang baru .

9. perbaikan tv polytron diva di rumah ibu parni
type : -
gejala: gambar tampil separuh layar.
penyebab: dioda 1N4002= D401 soak/rusak kalo di lepas dan di ukur tampak normal tapi kl di pasang dioda open.
solusi: ganti dioda 1N4002= D401 dengan yang baru .

10. perbaikan tv goldstar mati di rumah mbak nor
type : MC41-B
gejala: tv tidak mau nyala/mati.
penyebab: flyback 194-054P rusak .
solusi: ganti flyback 194-054P dengan yang baru .

11. perbaikan tv sharp milik pak karsidi
type :14v-21ms
gejala: gambar normal suara tidak ada.
penyebab: speaker rusak .
solusi: ganti speaker rusak dengan yang baru .

12. perbaikan tv sankei milik pak ngatiran, sudah di ganti dgn mesintv.com
type :-
gejala: tidak nangkap sinyal.
penyebab: kabel penghubung dr antena ke tuner putus/ di makan tikus .
solusi: sambungggg kabel tv kembali normal .

13. perbaikan tv digitec milik dr mbak rukati,rusak tv mati
type :DN1410
gejala: tv mati standby lampu led nyala ,kalo di tunggu lama bs nyala tp suara tdk ada.
penyebab: c505 dgn nilai 2200uf/35v kembung .
solusi: ganti c505 dgn yang baru .

14. perbaikan tv sharp fine cristal milik pak welas
type :C-14K2
gejala: TV mati protek/ tv nyala sebentar gambar keliatan redup dan warna mblobor tdk lama tv lngsung mati (led on).
penyebab: R632 nilai 1.2m ohm putus.
solusi: R632 nilai 1.2m ohm dgn yang baru .

15. perbaikan tv sharp Q beat 21" milik pak subadi
type :-
gejala: TV mati di on kan led nyala hijau di sertai suara crit-crit pelan lalu protek led indikator jadi merah.
penyebab: FBT F0194PE rusak stengah drop .
solusi:ganti FBT-F0194PE dgn yang baru .
STELAH ganti FBT tv di onkan horizontal sdh terdengar bekerja normal tp msih saja protek dan pekerjaan belum selesai-
open j223 jlur protek utama dan tv pun msih protek ,paksa psu agar tetap bekerja (shortkan colektor & emitor pd Q723 )
tv di onkan dan aku amati pd layar ada garis horizontal di bwh lalu cek semua b+ dan akhirnya b+ 8v terukur cuma 6.8v artinya ada yg tak beres lalu aku open 1 by 1 beban dr b+8v nya dan stelah di open pin 14 (VP2 B+8V) Tegangan lngsung naik jadi 7.8 - 8v v (pertama kesimpulan saya ic tda9381ps rusak dan hrus ganti tapi saya ada ide aku coba r623 15ohm nya aku jamper dan semua beban aku psng tv di onkan alhamdulilah tv bisa kembali nyala dgn normal. senangnya tv berhasil aku perbaiki....
Share this article :
 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger