PENYEBAB TRANSISTOR HORISONTAL MATI SEKETIKA

Rabu, 18 Februari 20150 komentar

kerusakan transistor HOT ini biasanya tv tidak nyala atau hanya standby, adapula pada sebagian tv yang masih mengeluarkan suara tapi layar tidak menampilkan gambar, dan efek-efek yang lain yang pada intinya flyback tidak akan bekerja.
Jika kita menemukan kerusakan pada transistor HOT maka tinggal melepas dan menggantikanya dengan yang baru, tapi adakalnya setelah kita ganti dan beberapa saat dinyalakan Transistor HOT mati kembali. Hal ini cukup membuat pusing juga memakan waktu dan biaya.
1.      Kapasitor Resonan rusak
Kapasitor resonan atau yang biasa disebut capasitor safety adalah kapasitor dumper yang terdapat pada kaki kolektor transistor HOT, kapasitor resonan dipasang untuk meredam tegangan kejut yang dihasilkan oleh trafo flyback, dengan cara meyerap tegangan trafo flyback untuk diisikan ke kapasitor, kapasitor ini umumnya mempunyai tegangan kerja 1,6 KV ( 1600V ), jika kapasitor ini rusak ( short, kapasitannya menurun atau solderanya kendor/terlepas) maka tidak ada lagi yang menyerap tegangan kejut tersebut sehingga meyebabkan transistor HOT rusak seketika.
2.      Flayback Short (konslet) pada kumparan primernya
Transistor HOT pada kondisi normal akan dilalui arus yang besarnya dibatasi oleh "reaktansi induktif" kumparan primer flyback. Jika kumparan primer flyback short (konslet), maka tidak ada lagi yang membatasi arus ini, mengakibatkan transistor HOT akan kelebihan beban sehingga dapat mati seketika.
Keruskan flyback pada bagian sekunder dan kerusakan pada kumparan defleksi horisontal (yoke) juga dapat menyebablan transistor HOT rusak, tetapi umumnya tidak meyebabkan mati seketika.
Dari uraian diatas maka sebelum mengganti transistor HOT, sebaiknya lakukan pemeriksaan sebagai berikut
  • Periksa solderan dan nilai kapasitansi kapasitor resonan dengan kapasitan-meter. (sulit dilakukan dengan multitester biasa).
  • Periksa kumparan primer trafo flyback ( kaki kolektor dengan graund) menggunakan multitester posisi X1, tanpa harus melepas flayback dari papan board. dalam kondisi normal jarum multitester tidak bergerak.jika jarum bergerak maka di pastikan trafo flyback rusak ( short)
  • Periksa apakah kumparan defleksi (yoke) bagian horisontal tidak short. Periksa dengan multitester seperti memeriksa trafo flyback, sehingga tidak perlu melepasnya.  
Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengecek kerusakan :
  • Pasang transistor HOT yang baru.
  • Putus jalur hubungan antara pin- flyback dengan kolektor transistor HOT. 
  •  Pasangkan bohlam lampu 100W antara pin-flyback dengan kolektor transistor HOT 
  •  Nyalakan pesawat tv sehingga lampu akan menyala.
  • Atur VR screen pada posisi maksimal dan periksa tegangan pada screen.
  • Jika tidak ada tegangan pada screen berarti ada masalah dengan rangkaian (missal flyback rusak)     
  • Jika tegangan pada screen tinggi (200v lebih) kemungkinan kapasitor resonan rusak 
  • Jika tegangan pada screen kurang dari 150v kemungkinan tidak ada masalah. Maka lampu dapat di lepas dan kolektor transistor HOT dapat disambungkan kembali. Service selesai.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger