Cara memperbaiki Tv China Mati Total Matot

Rabu, 23 Juli 20142komentar

Dapat pasien lagi televisi / tv china changhong 14" keluhan atau kerusakan juga mati total alias matot,langsung deh tutup belakang tv saya buka setelah selesai saya buka ternyata kotoran atau debu nya  begitu banyak jadinya bersih-bersih dulu deh....
Pcb tv sudah selesai saya bersihkan dengan kuas langkah selanjutnya saya cek lebih dulu untuk kabel juga sekering tv tersebut,dan ternyata sekeringnya putus.Kemudian saya cek elco 100uf/400v pada bagian power suplay dengan avometer switch pada 1x ohm jarum avometer langsung bergerak penuh/mentok wah ada yang gak beres nih sama power suplaynya.

Dengan melihat pengecekan elco menunjukan elco dalam keadaan konslet/hubungan singkat mata saya pun langsuk berbelok arah pada transistor power suplay karena biasanya kerusakan dari power suplay ini di karenakan transistornya rusak/jebol,stik avometer saya arahkan ke kaki transistor power suplay dan ternyata benar transistor power suplay tersebut memang rusak/jebol.


Secara cepat saya lepas / copot  transistor power suplay yang sudah mati / rusak dan langsung saya ganti dengan transistor yang baru dengan tipe dan nomor seri yang sama dengan transistor yang rusak tadi,transistor power suplay telah saya ganti begitu juga untuk sekering sudah saya ganti.

Memastikan dengan cermat solderan tidak ada yang hubungan singkat / konslet kemudian saya putus dulu untuk tegangan B+ flyback lalu saya coba nyalakan tv tersebut sambil saya nyalakan saya cek juga tegangan output / tegangan keluar semua ok tapi untuk tegangan 115v cuma keluar 30v,heemm...ada yang gak beres lagi niih,,,

Lalu tv saya matikan lagi kemudian saya cek elco tegangan 115v yaitu 100uf/160v setelah saya cek elco tersebut sedikit rusak cuma dikit siih tapi dari pada nanti berabe dapat  masalah lagi saya ganti aja dengan elco yang baru dengan kondisi yang bagus saya juga cek untuk dioda pada tegangan 115v dioda tersebut mengalami rusak total.untuk gambar dioda juga elco 100uf/160v bisa lihat gambar di bawah :

Tanpa pikir panjang lagi dioda langsung saya cabut dan menggatinya dengan yang baru,ok dioda dan elco sudah saya sekarang watuknya mencoba tv tersebut saya nyalakan kembali dan mak joss...!!! Tegangan 115v sudah normal kembali tegangan B+ flyback pun saya sambungkan kembali,tv china changhong kembali normal seperti sedia kala,aaahh...lega rasanya.

Sekian pembahasan dan pengalaman dari saya terima kasih telah berkunjung di sini semoga apa yang saya uraikan ini beramanfaat dan apabila dari sobat ada yang mengalami hal yang sama dengan apa yang saya alami atau ada pertanyaan bisa langsung tulis komentar di bawah.  


sumber dr :http://divaizz.blogspot.com
Share this article :
 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger