Cara Merakit Power Amplifier

Selasa, 20 Mei 20142komentar

Cara Merakit Power Amplifier

Alhamdulillah..
Power Amplifier merupakan perangkat elektronik yang tidak bisa dilepaskan dalam sistem audio, baik itu yang profesional maupun yang biasa,,karena perangkat ini berperan untuk menggerakan speaker yang nantinya sumber bunyi yang kita punya bisa dinikmati oleh pendengar.
Pada saat ini kebetulan saya sedang merakit sound system kecil kecilan untuk acara pengajian atau hajatan.
Adapun ragkaiannya saya coba beberapa kit yang telah tersedia dipasaran tetapi dengan komponen yang qualitas bagus supaya nois bisa ditekan semaksimal mungkin bahkan sampai "nol"..
Inilah susunan yang saya buat mulai dari box sampai selesai :


Box power yang saya gunakan X005
Box ini hanya muat utuk trafo 10 Amp,jadi saya gunakan untuk power midle dan monitor.

 Deretan transistor SANKEN yang akan saya gunakan utuk transistor final power yang saya buat.

 Kit Power Ampli sebagai drivernya ,saya menggunakan HEAVY DUTY POWER AMPLIFIER.

 Transistor SANKEN dari dekat menggunakan 2SA1216 dengan pasangannya 2SC2922.

 8 SANKEN yang telah dirangkai dengan Driver power HEAVY DUTY.


Selesai sudah bagian power amplifier saya rakit dan ditempatkan di box X005.
Selanjutnya tinggal merangkai bagian Power Supply,yang nantinya akan ditempatkan di bagian box yang masih kosong.Tetapi karena saya lupa foto sewaktu merangkai bagian ini,maka saya gantikan gambarnya dengan tahapan power suply power yang saya rakit satu lagi,yang memang saya rakit bersamaan.

 Trafo yang digunakan (disini saya meggunakan foto dari power yang satumya lagi 20 Amp)sedangkan untuk yang box power diatas saya gunakan 10 Amp.
 Elco yag saya gunakan 6x10.000 mfd da diaoda 35 Amp.

Gambar diatas komponen-komponen yang digunakan untuk bagian power suply.


Bagia power suply yang telah dirakit dan difoto terlihat bagian Speaker Protector.kalau diperbesar seperti gambar dibawah ini :

 Diatas adalah tahapan tahapan perakitan power Amplifier yang saya buat,sedangkan setelah jadinya seperti dibawah ini :




Akhirnya selesai juga merakit power amply,Selanjutnya kita tinggal tes power amply kita dengan menggunakan speaker,kebetulan saya baru mempunyai speaker ACR  sepasang ukuran 15 inch 350 watt,dan hasilnya alhamdulillah baik sesuai harapan.
Untuk kit yang menggunakan POWER HEAVY DUTY karakter suara cukup kaya, semua nada keluar,dan cukup halus mungkin karena pegaruh dari penguat depan yang meggunakan IC opamp,power amply ini saya akan gunakan untuk control atau terpadu dengan speaker yang saya punya saat ini sepasang ACR 15 inch dengan menggunakan tweeter jenis horn.
Kekuatan power yang saya buat ini -/+ 2x400 watt dengan perkiraan hitungan W=VxA ,Tegangan yang saya gunakan pada power ini 50 volt DC dengan Trafo 10 Amp,jadi 50x10=500 watt,tetapi karena saya menggunakan 2pasang sanken,yangmana sepasang sanken mempunyai kemampuan 200 watt,jadi daya yang dihasilkan hanya 2x400 watt,saya sengaja memakai 2pasang sanken tidak 3pasang tiap chanel supaya ada persediaan tenaga di power suply sebayak 100 watt agar power tidak kedodoran sewaktu volume besar dan speaker yang saya gunakanpun hanya 350 watt,jadi sesuailah dengan keperluan speaker saya.

Hehe..bahkan tak disangka power ini sudah langsung menghasilkan uang,karena dirental oleh teman untuk acara sholawatan pada syukuran anaknya yang dipimpin oleh Habib Naqib Alyamani.
Dengan tambahan Mixer 16 chanel,Parametic tone control,dan speaker 15 inch.

Alhamdulillah......


sumber dari: http://tanstronic.blogspot.com
Share this article :
 
Support :

service televisi panggilan

Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muliatronik service televisi dan elektronik panggilan wilayah kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger